Home » » Benarkah Hidup Adalah Soal Pilihan?

Benarkah Hidup Adalah Soal Pilihan?

Benarkah Hidup Adalah Soal Pilihan? – Ketika saya memilih untuk memanjangkan rambut sebagai salah satu gaya hidup, awalnya saya merasa tidak ada masalah dan baik-baik saja menurut penilaian diri sendiri. Namun, seiring bertambah panjangnya rambut yang menambah kesan eksentrik pada penampilan saya, mulai muncul tanggapan-tanggapan kritis dari keluarga, teman-teman dan lingkungan sekitar.

Benarkah Hidup Adalah Soal Pilihan?

Mereka menyarankan untuk segera memotong rambut panjang yang saya sayangi dengan berbagai alasan namun saya abaikan. Saya merasa nyaman dengan memilih gaya rambut mirip seniman ini pada usia jelita. Dan, saya menyadari pengaruhnya terhadap diri saya sendiri karena memiliki alasan sendiri. 

Lalu, saya memilih menulis tentang ajakan-ajakan kebaikan bukan berarti saya lebih baik atau lebih pintar atau lebih pengalaman daripada orang lain melainkan hanya berbagi dan belajar bersama-sama. Mungkin, sedikit informasi itu dapat memberikan pencerahan bagi orang lain.  Tapi, itupun tidak lepas dari pro-kontra.

Itulah pilihan saya. Bagaimana dengan Anda?

Benarkah Hidup Adalah Soal Pilihan?

Hidup adalah soal pilihan. Dan, setiap pilihan yang kita ambil akan berpengaruh besar terhadap diri kita sendiri.

Banyak pilihan yang telah kita lakukan sepanjang hidup ini, baik pilihan yang tepat maupun salah. Semuanya, pernah kita rasakan dampak dan pengaruhnya terhadap diri kita sendiri, seperti berikut ini.
  • Pilihan tentang profesi atau pekerjaan
  • Pilihan tentang pasangan hidup
  • Pilihan dimana kita akan tinggal
  • Pilihan gaya berpakaian dan lain-lain.

Tapi, pilihan yang terpenting adalah, akan menjadi siapa diri kita?

Untuk itu, kita butuh latihan, pengamatan dan pengendalian diri. Dan, harus dilakukan secara terus menerus sepanjang hidup kita.

Berikut ini adalah beberapa nasehat yang pernah saya dengar dari orang-orang tua, buku dan hasil perenungan sendiri.

Cara Menetapkan Pilihan

  • Karena kita sendiri belum merasakan sendiri pengaruh dari pilihan yang kita buat sehingga kita salah memilih. Untuk itu, kita perlu mengendalikan diri dengan menahan keinginan untuk memilih saat masih ragu seperti dalam kisah “Makna Dibalik segelas air comberan.”
  • Pertimbangkan dengan masak resiko dan pengaruh dari masing-masing pilihan.
  • Belajar memilih pada permasalahan yang sepele terlebih dahulu.
Benarkah Hidup Adalah Soal Pilihan?

Latihan Terbaik Dalam Memilih 

Latihan terbaik dalam memilih adalah menerapkannya pada keseharian kita, terutama dalam bergaul dengan orang-orang di sekitar kita.

Benarkah Hidup Adalah Soal Pilihan?

  • Pilihlah kata-kata yang akan kita ucapkan karena kata-kata dapat mempengaruhi pikiran dan perasaan orang lain. Semakin positif kata-kata yang terucap, semakin positif hasilnya dalam kenyataan. 
  • Pilihlah apa yang akan kita pikirkan, karena pikiran kita menciptakan kesempatan yang kita bahkan tidak tahu akan pernah ada. 
  • Pilihlah respon dan reaksi terhadap segala sesuatu yang terjadi pada diri kita karena perjalanan hidup tidak selalu mulus. Sandungan, kepahitan dan sakit hati mungkin pernah dan akan kita alami. Tapi kita punya pilihan bagaimana merespon peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam hidup ini. 

Kita memang tidak bisa mengendalikan hal-hal yang terjadi pada diri kita, tetapi kita dapat memilih dan mengendalikan pikiran yang akhirnya membentuk sikap kita.    

Penutup

Itulah sekelumit ungkapan perasaan tentang bagaimana memilih. Satu kegiatan yang hampir setiap saat kita lakukan dalam hidup ini.

Dan, memang benar apabila hidup itu adalah pilihan.

Tapi, setiap orang memiliki pendapat yang berbeda sehingga jika ada pendapat yang berbeda atau mendukung ungkapan hati ini, silahkan tambahkan pada kolom komentar dibawah ini.


Semoga bermanfaat..


4 komentar:

Posting Komentar