Home » » Benarkah Orang Yang Tidur Larut Malam Cenderung Lebih Sukses?

Benarkah Orang Yang Tidur Larut Malam Cenderung Lebih Sukses?


Benarkah Orang Yang Tidur Larut Malam Cenderung Lebih Sukses? – Satu pertanyaan yang mengganjal ketika melihat kenyataan bahwa orang-orang yang tidurnya larut atau bahkan kurang waktu tidurnya ternyata memiliki kehidupan yang lebih sukses dibandingkan orang yang tidur normal. Sehingga penulis mencoba mencari tahu alasannya, dengan demikian kita bisa menyatakan ini mitos atau fakta.

Benarkah Orang Yang Tidur Larut Malam Cenderung Lebih Sukses?

Pandangan umum mengatakan jika tidur larut atau begadang dianggap sebagai satu kebiasaan buruk yang tidak baik bagi kesehatan. Akan tetapi, penelitian yang dilakukan baru-baru ini menghasilkan fakta berbeda. Kebiasaan yang dianggap buruk itu malahan mampu meningkatkan kecerdasan penalaran hingga kemampuan amalitik.

Wow, sungguh mengherankan!

Memang banyak pendapat yang menyatakan pro-kontra terhadap kebiasaan tidur larut malam ini. Seperti tidur larut malam dipandang dari kesehatan, tidur larut malam atau begadang menurut budaya Jawa, begadang menurut H. Rhoma Irama dan lain-lain.

Kali ini, mari kita ulas tidur larut malam menurut penelitian. Untuk lebih memahami alasan mengapa orang tidur larut malam cenderung lebih sukses, mari kita ikuti ulasannya berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan.

Tidur Larut Menurut Penelitian

Penelitian dilakukan oleh para ilmuwan dari University Of Madrid dengan sampel 1.000 orang remaja. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dari 1.000 orang tersebut, mereka yang suka terjaga hingga larut malam kemudian bangun pada siang hari, memiliki beberapa kualitas yang lebih unggul dibandingkan mereka yang tidur tepat waktu atau lebih dini.

Kelebihan itu menyangkut aspek kecerdasan penalaran, pemikiran konseptual dan analitis.

Memang, mereka yang bangun pagi dan tidur tepat waktu, memiliki prestasi akademik lebih bagus di sekolah. Akan tetapi, untuk masalah kesuksesan karir, mereka yang tidur larut dan bangun siang, ternyata lebih unggul.

Alasan yang dikemukakan oleh para peneliti itu karena hal tersebut disebabkan oleh perilaku yang dilakukan pada saat matahari terbenam cenderung menarik orang tersebut dengan rasa ingin tahu yang lebih besar.

Jim Home, Profesor Psikofisiologi di Loughborough University yang dilansir Medical Daily, mengatakan,
Orang-orang yang bangun pada siang hari, cenderung menjadi orang yang lebih kreatif, ekstrovert, penyair, seniman dan penemu. Sedangkan yang bangun pagi hari lebih banyak berfikir deduktif seperti yang sering dilakukan oleh pegawai negeri dan akuntan.”
Lanjutnya lagi, orang yang tidur lebih larut dan bangun siang hari cenderung lebih sosial dan lebih berorientasi pada manusia.  Sementara orang yang bangun pagi hari cenderung lebih mengutamakan berpikir logis.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal “Emotion” menunjukkan jika orang yang bangun pada pagi hari cenderung merasa lebih bahagia. Hal ini diduga karena jam biologis dari orang yang bangun pagi pada umumnya lebih sesuai dengan kebiasaan masyarakat.

Angkatan Udara Amerika Serikat juga melakukan penelitian tentang kecenderungan tidur larut malam ini. Hasilnya menunjukkan jika orang yang bangun pada siang hari memang lebih unggul dalam berfikir lateral.

Sementara penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University Of Southhampton, AS, juga menemukan bahwa orang yang tidur larut dan bangun siang, memiliki rata-rata penghasilan yang lebih besar.

Kesimpulan

Itulah pembahasan singkat tentang artikel yang berjudul Benarkah Orang Yang Tidur Larut Malam Cenderung Lebih Sukses?”

Tentang kebenarannya, kembali kepada diri kita masing-masing. Jika dipandang dari semua sisi, keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga mana yang lebih baik terserah pada diri kita sendiri.

Semoga bermanfaat ..

2 komentar:

Posting Komentar