Home » » Mari Belajar Tentang Kebersamaan Dari Lebah

Mari Belajar Tentang Kebersamaan Dari Lebah

Mari Belajar Tentang Kebersamaan Dari Lebah – Salah satu binatang yang memiliki banyak manfaat bagi manusia adalah Lebah. Madu yang dihasilkannya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia sementara sosok lebahnya sendiri cukup ditakuti karena sengatannya dapat membuat kita menjadi panas-dingin hingga berhari-hari.

Mari Belajar Tentang Kebersamaan Dari Lebah

Karena besarnya manfaat madu sehingga Tawon atau Lebah disebutkan di dalam Al Quran yaitu Surat An-Nahl yang artinya Lebah.

Allah SWT berfirman dalam Surat An-Nahl :
Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” An-Nahl ayat 69.
Kali ini, mari kita belajar tentang kebersamaan dari binatang penghasil madu ini. 

Ternyata, dibalik sengatannya yang menakutkan, Lebah merupakan binatang yang penuh dengan filosofi kebersamaan yang patut menjadi teladan bagi kita.

Mari Belajar Tentang Kebersamaan Dari Lebah


Jika tidak percaya, mari kita amati kehidupan hewan bernama Tawon ini dengan melihatnya dari luar saja tapi jangan coba-coba mengganggunya jika tidak mau di “entup”. Hehehe..

Menurut Dr N Ganapathy, seorang profesor dari Tamil Tandu Agricultural University, mengatakan jika komunitas atau koloni lebah dan manajemen lebah dapat menjadi pelajaran berharga bagi manusia jika mampu menerapkannya.

Dan, dengan menerapkan atau mengadopsi etika kerja lebah, seorang pekerja, kelompok atau komunitas bahkan perusahaan, akan mendapatkan manfaat besar. 

Untuk mengetahui pelajaran apa saja yang bisa kita petik dari Lebah dan kawan-kawannya, mari kita ikuti penjelasan berikut ini.

Mari Belajar Kebersamaan Dari Lebah

Lebah atau Tawon adalah binatang yang tidak bisa hidup sendiri melainkan berkelompok atau berkoloni dengan struktur organisasi yang jelas, aturan dan tata tertib dibawah pimpinan seekor Ratu Lebah. Tanpa itu, mereka tak ubahnya kelompok hewan penyengat liar yang tidak akan memberi manfaat apapun melainkan menebar ketakutan pada orang-orang yang ditemuinya.

1. Lebah Memiliki Pembagian Tugas

Dalam koloninya, seekor lebah, masing-masing memiliki peran dan pembagian tugas yang harus dijalankan dengan baik. Dan, masing-masing memiliki naluri untuk tidak mengganggu tugas dari lebah lain yang bukan menjadi wewenangnya.

Namun, meskipun memiliki tugas dan peran yang berbeda, mereka memiliki satu tujuan yang sama demi kebersamaan.

2. Lebah Memiliki Semangat kerja sama

Para Lebah yang mendapatkan tugas dan peran yang sama memiliki semangat kerja bersama atau team work yang sangat tinggi bukannya berkompetisi.Kerjasama dan hidup rukun bersama rekan kerjanya merupakan hal yang dijunjung tinggi.

Mereka mengutamakan kepentingan kelompok daripada kepentingan pribadinya.

Mari Belajar Tentang Kebersamaan Dari Lebah

3. Lebah Memiliki Kesetiaan

Kesetiaan atau loyalitas adalah kunci kelangsungan hidup jangka panjang yang dimiliki oleh seekor Lebah. Meskipun harus mengulangi pekerjaan yang sama dalam siklus yang sama setiap harinya, Lebah tetap setia melakukan pekerjaannya. 

4. Lebah Adalah Hewan Pekerja keras

Seekor Lebah adalah hewan pekerja keras dan giat bekerja tanpa memikirkan imbalan apa yang akan diterimanya. Ditangan mereka, produksi madu dipertaruhkan sehingga mereka tidak pernah bermalas-malasan.

5. Lebah Adalah Hewan Yang Tepat Waktu

Lebah adalah binatang yang tepat waktu dan tidak boleh ada kata terlambat kecuali jika ada gangguan alam atau gangguan dari manusia. 

6. Lebah Mementingkan Kewajibannya Dulu

Dan, Lebah adalah mementingkan kewajibannya terlebih dahulu baru menuntut haknya. Kepentingan kelompok adalah hal yang harus diutamakan terlebih dahulu, baru kemudian kepentingan pribadinya.  Mengambil madu dan menjaga sarang, semuanya dilakukan demi kepentingan kelompoknya. 

Bagi hewan penghasil madu ini, kewajiban lebih penting daripada haknya meskipun harus berkorban karenanya.

Itulah beberapa filosofi tentang kelompok Lebah yang dapat kita pelajari dan kita jadikan teladan dalam kehidupan bersama keluarga, masyarakat dan kelompok atau komunitas.

Penutup

Alam semesta adalah ayat-ayat Tuhan yang tersirat, begitu pula dengan kehidupan Lebah dan koloninya. Sehingga dapat memberikan manfaat bagi orang-orang yang mau berfikir.

Dengan etos kerja dan kebersamaan yang kuat, Lebah mampu menghasilkan madu yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan manusia, seperti halnya dengan produk UMKM Madumi atau madu murni ini.

Madumi, Madu Alami

Jika anda mau mendapatkan madu dalam kemasan botol kecil dengan harga terjangkau, silahkan hubungi M. Suep dengan Telpon/SMS/WA ke 0851 0249 5353.


Semoga bermanfaat..

Baca Juga :


1 komentar:

Posting Komentar